Rabu, 12 November 2014

MADRASAH UJIAN




لَايَزَالُ الْبَلَاءُ بِالْمُؤْمِنِ اَوِ الْمُؤْمِنَةِ فِى نَفْسِهِ وَفِيْ مَالِهِ وَفِيْ وَلَدِهِ حَتَّى يَلْقَى اللّٰهَ وَمَا عَلَيْهِ مِنْ خَطِيْئَةٍ .
Ujian akan terus menghampiri orang Mukmin dan Mukminah pada diri, harta dan  anaknya hingga ia menjumpai Allah dan tidak ada kesalahan yang harus dia tanggung .
(HR Ahmad, Timidzi, Ibnu Hibban , al-Hakim, al-Baihaqi, Abu Ya'la dan al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad)

Imam Ahmad meriwayatkan hadits ini dari Muhammad bin Bisyr dan Yazid; al-Bukhari meriwayatkannya dari Musa, dari Hamad, dari Muhammad bin Ubaid, dari Umar bin Thalhah; at-Tirmidzi meriwayatkannya dari Muhammad bin al-A'la, dari Yazid bin Zurai'; Abu Ya'la meriwaytkannya dari Muhammad bin Hidasy, dari Abbad bin al-'Awam; al-Baihaqi meriwayatkannya dari Abu Thahir al-Faqih, dari Abu Hamid bin Bilal dari Abi al-Azhar, dari Said bin Amir; al-Hakim meriyatkannya dari Muhammad bin Abdullah az-Zihad, dari Abu Bakar bin Abi ad-Dunya al-Qurasyi, dari Ishaq bin Ka'ab, dari Abad bin al-'Awam, dari Abu Amru Utsman bin Ahmad bin as-Simak, dari Ibrahim al-Wasithi dari Yazid bin Harun; Ibn Hibban meriwayatkannya dari Abu Khalifah; dari Musaddad dari Yazid bin Harun, dari Ishaq bin Ibrahim bin Ismail, dari Muhammad bin an-Nadhar bin Musawir al-Marwazi, dari Yazid bin Zurai'.
Semuanya (Muhammad bin Bisyr, Yazid bin Harun, Yazid bin Zurai', Hamad, Umar bin Thalhah, Abbad bin al-'Awam, Sa'id bin Amir) berasal dari Muhammad bin Amru, dari Abi Salamah, dari Abu Hurairah, dari Nabi saw.
At-Tirmidzi berkata, "Ini adalah hadits hasan sahih." Al-Hakim berkata, "Ini adalah hadits sahih menurut syarat Muslim, tetapi tidak dikeluarkan oleh keduanya dan ia memiliki syahid sahih." Adz-Dzahabi di dalam At-Talkhish berkomentar, "Menurut syarat Muslim."

Makna Hadits
Hadits ini menjelaskan bahwa ujian akan terus menghampiri seorang Mukmin dalam riwayat lain seorang hamba selama ia masih bernafas. Bahkan hidup dan mati itu sendiri merupakan ujian untuk mengetahui siapa hamba yang paling baik amalnya.
اَلَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفُوْرُ ٢
yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun, (QS al-Mulk [67] : 2)
(بَلَاء) Bala' secara bahasa artinya (إِمْتِهَان وَ الإِخْتِبَار) imtihan wa al-ikhtibar (ujian dan cobaan). Menurut Ibn al-Atsir dan yang lainnya bala' terjadi dalam kebaikan (خَيْر) dan keburukan (شَرّ). Makna hadits tersebut adalah bahwa ujian dan cobaan dalam bentuk kebaikan (khayr) dan keburukan (syarr) akan terus menimpa Mukmin dan Mukminah atau hamba pada umumnya (Lihat: QS al-Anbiya [21] : 35).
كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ ٣٥
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan. (QS al-Anbiya [21] : 35).
Umumnya, orang menilai ujian dan cobaan itu berupa keburukan atau musibah. Jarang sekali kenikmatan dan sesuatu yang baik dinilai sebagai ujian. Namun, nash-nash syariah menjelaskan bahwa semuanya merupakan ujian untuk menguji: apakah kita bisa sabar saat menghadapi musibah dan bersyukur saat mendapat kenikmatan dan kebaikan: apakah kita tetap istiqamah di jalan-Nya dalam dua keadaan itu.
Tidak jarang orang lulus ketika diuji dengan musibah dan kesusahan, namun ia gagal saat diuji dengan kenikmatan dan kesenangan. Kesadaran bahwa kesenangan itu merupakam ujian akan menuntut kita untuk tetap terjaga dan tidak terlena dengan kenikmatan itu lantas kehilangan keistiqamahan dan terjebak dalam menikmati kesenangan itu.          
Musibah atau keburukan yang menimpa juga merupakan ujian apakah kita bersabar menghadapinya dan ridha menerimanya ataukah tidak. Jika kita mampu bersabar maka itu adalah kebaikan yang luas. Sebab, setiap musibah, sekecil apapun, jika kita hadapi dengan kesabaran, bisa menggugurkan dosa dan menaikkan derajat kita di hadapan Allah. Rasulullah saw. pernah bersabda:
لاَيُصِيْبُ الْمُؤْمِنَ شَوْكَةٌ فَمَا فَوْقَهَا اِلَّا رَفَعَهُ اللّٰهُ عَزَّ وَجَلَّ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيْئَةً .
Tidaklah sebuah duri mengenai seorang Muslim atau lebih dari itu kecuali dengannya Allah mengangkatnya satu derajat dan menghapus darinya satu kesalahan (HR Tirmidzi, Muslim, Ahmad, Ibnu Hibban dan al-Baihaqi).
Dalam riwayat lainnya dikatakan: niscaya dengan musibah itu Allah mencatat satu kebaikan baginya. Artinya, ia diberi pahala atas keridhaannya terhadap qadha', kesabaran: ia bersyukur dan hanya mengadukan musibahnya kepada Allah SWT.
Karenanya, bagi orang Mukmin semua perkara akan menjadi kebaikan. Rasul saw bersabda:
عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ اِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ .
Menakjubkan perkara seorang Mukmin itu karena sesungguhnya semua urusannya merupakan kebaikan. Hal itu tidak menjadi milik seorang pun kecuali orang mukmin. Jika mendapat kesenangan ia bersyukur. Itulah kebaikan baginya. Jika ditimpa kesusahan ia bersabar. Itu pun merupakan kebaikan baginya. (HR Ahmad, Muslim, ad-Darimi, Ibnu Hibban dan al-Baihaqi).
Hendaklah kita sadar sepenuhnya, bahwa kedudukan, kecukupan harta, dan berbagai kesenangan lainnya adalah ujian. Semoga kita tak lupa bersyukur dan tetap istiqamah di jalan Allah, tidak terlena dengan kesenangan itu. Hendaknya kita juga selalu sadar bahwa kesusahan, musibah dan berbagai ketidaksenangan yang menimpa merupakan ujian. Hendaknya kita berusaha untuk sabar karena Rasul pernah bersabda:
وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللّٰهُ ، وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ عَطَاءً خَيْرًا وَأَوْسَعَ مِنَ الصَّبْرِ.
Siapa saja yang berusaha untuk sabar niscaya Allah akan menjadikannya mampu bersabar. Tidaklah seorang pun diberi suatu pemberian yang lebih baik dan lebih luas daripada kesabaran (HR Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, an-Nasai, at-Tirmidzi dan ad-Darimi). “ ya Allah jadikanlah kami termasuk orang-orang yang bersyukur dan bersabar ”.  [Al-Wa’ie/Hadits Pilihan/N0.106/Juni 2009].   اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِنَ الشَّاكِرِيْنَ وَ الصَّابِرِيْنَ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar