Kamis, 13 November 2014

MENJAGA DIRI DARI SU’ AL-KHATIMAH



MENJAGA DIRI DARI SU’ AL-KHATIMAH

إِنَّ اَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ اُمِّهِ اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا , ثُمَّ يَكُوْنُ فِي ذٰلِكَ عَلَقَةً مِثْلَ ذٰلِكَ , ثُمَّ يَكُوْنُ فِي ذٰلِكَ مُضْغَةً مِثْلَ ذٰلِكَ , ثُمَّ يُرْسَلُ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحُ وَيُؤْمَرُ بِاَرْبَعِ كَلِمَاتٍ بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَاَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ وَ سَعِيْدٌ , فَوَالَّذِي لَا اِلٰهَ غَيْرُهُ إِنَّ اَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ اَهْلِ الْجَنَّةِ حَتّٰي مَا يَكُوْنَ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا اِلَّا ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ اَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا , وإنَّ اَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ اَهْلِ النَّارِ حَتّٰي مَا يَكُوْنَ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا اِلَّا ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ اَهْلِ الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا .
Sesungguhnya salah seorang di antara kalian dihimpun pembentukannya di dalam rahim ibunya dalam 40 hari; lalu dalam bentuk segumpal darah selama itu (40 hari); kemudian dalam bentuk gumpalan seperti sekerat daging selama itu (40 hari); lalu Malaikat diutus, kemudian ia meniupkan ruh di dalamnya dan ia diperintahkan dengan empat kalimat untuk menuliskan rezekinya, ajalnya, amalnya dan apakah bahagia ataukah sengsara. Karena itu, demi Zat Yang tiada Tuhan selain Dia, sungguh salah seorang di antara kalian mengerjakan perbuatan penghuni surge hingga jarak antara dia dengan surga hanya sejengkal saja dan al-kitab mendahuluinya, ia pun mengerjakan perbuatan penghuni neraka, maka ia pun masuk ke dalam neraka; dan sungguh salah seorang di antara kalian mengerjakan perbuatan penghuni neraka hingga jarak antara dia dengan neraka itu hanya sejengkal saja dan al-kitab mendahuluinya, ia pun mengerjakan perbuatan penghuni surga, maka ia pun masuk ke dalam surga.
(HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas’ud. Lafal di atas menurut lafal Imam Muslim)

Imam an-Nawawi menilai hadis ini termasuk pokok agama sehingga beliau memilih dan memasukkannya di dalam Al-Arba’ûn an-Nawawiyah sebagai hadis keempat setelah hadis tentang Rukun Islam.
Dari hadis ini bisa dipetik faedah-faedah berikut: Pertama, proses perkembangan janin di dalam rahim; yaitu 40 hari pertama terbentuk zigot hasil pertemuan sel sperma dan sel telur. Keduanya yang semula terpisah dan terpencar kemudian dihimpun di dalam rahim, bertemu dan berpadu sehingga terbentuk bakal janin (يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ اُمِّهِ /yujma’u khalquhu fî bathni ummihi). Proses tersebut juga dijelaskan di dalam al-Quran QS al-Hajj [22]:5 dan al-Mu’minun [23]:14.
يٰٓأَيُّهَا النَّاسُ إِنۡ كُنۡتُمۡ فِيۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَعۡثِ فَإِنَّا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمۡۚ وَنُقِرُّ فِي الۡأَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰىٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوٓا أَشُدَّكُمۡۖ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُتَوَفَّىٰ وَمِنۡكُمۡ مَّن يُرَدُّ اِلٰىٓ أَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡ‍ًٔاۚ وَتَرَى الۡأَرۡضَ هَامِدَةً فَإِذَآ أَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَأَنۡبَتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍ بَهِيۡجٍ ٥
Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah. (QS. al-Hajj [22]:5)
ثُمَّ خَلَقۡنَا النُّطۡفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقۡنَا الۡعَلَقَةَ مُضۡغَةً فَخَلَقۡنَا الۡمُضۡغَةَ عِظٰمًا فَكَسَوۡنَا الۡعِظٰمَ لَحۡمًا ثُمَّ أَنشَأۡنٰهُ خَلۡقًا اٰخَرَۚ فَتَبَارَكَ اللّٰهُ أَحۡسَنُ الۡخٰلِقِيۡنَ ١٤
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (QS. al-Mu’minun [23]:14)
Hadis ini merupakan salah satu bukti kenabian Muhammad saw. karena informasi seperti itu tidak mungkin disampaikan oleh seorang yang ummi kecuali karena mendapat informasi dari Allah, Zat Yang mengetahui kejadian itu. Pengetahuan tersebut secara sains baru bisa dibuktkan setelah ada penemuan alat modern pada abad 20.
Kedua, hadis ini menjelaskan bahwa pada usia kehamilan 120 hari, Allah mengutus Malaikat dan meniupkan ruh ke janin tersebut. Lalu Malaikat itu diperintahkan untuk menuliskan rezeki, ajal, amalnya dan apakah bahagia ataukah sengsara. Dalam riwayat Imam al-Bukhari, proses penulisan empat perkara itu sebelum ruh ditiupkan.
Ketiga, keadaan atau perbuatan di akhir hidup menentukan nasib manusia di Hari Akhir nanti apakah di neraka atau di surga. Al-Kitab dalam hal ini bukan berarti bahwa Allah menakdirkan seseorang menjadi penghuni surga hingga bagaimana pun perbuatan orang itu sepanjang hidupnya, ia tetap saja akan mengakhiri hidup dengan perbuatan ahli surga, maka ia pun masuk surga. Atau sebaliknya, Allah menakdirkan seseorang menjadi ahli neraka hingga bagaimanapun hidupnya, dia tetap akan mengakhiri hidup dengan perbuatan ahli neraka, maka ia pun masuk neraka. Sebab, jika demikian maka itu artinya Allah menzalimi hamba. Mahasuci Allah dari yang demikian dan sekali-kali Dia tiada menzalimi hamba-Nya (QS Fushshilat [41]:46).
مَّنۡ عَمِلَ صٰلِحًا فَلِنَفۡسِهِۦۖ وَمَنۡ أَسَآءَ فَعَلَيۡهَاۗ وَمَا رَبُّكَ بِظَلَّامٖ لِّلۡعَبِيۡدِ ٤٦
Barangsiapa yang mengerjakan amal yang saleh maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, maka (dosanya) untuk dirinya sendiri; dan sekali-kali tidaklah Rabb-mu menganiaya hamba-hamba-Nya. (QS Fushshilat [41]:46)
Makna al-kitab dalam masalah ini tidak lain adalah ilmu Allah. Artinya, sejak awal Allah mengetahui akhir kehidupan seorang hamba, apakah mengerjakan perbuatan ahli surga sehingga akan masuk surga, ataukah mengerjakan perbuatan ahli neraka sehingga akan masuk neraka.
Hadis ini menyatakan akhir perbuatan manusia menentukan nasibnya di Hari Akhir, di surga atau di neraka. Hadis ini juga menyatakan bisa saja orang yang secara lahiriah melakukan perbuatan ahli surga ternyata mengakhiri hidup dengan perbuatan ahli neraka, atau sebaliknya.
Hadis ini mengindikasikan agar seseorang tidak berputus asa dari rahmat dan ampunan Allah. Sebab, meski ia telah lama mengerjakan perbuatan ahli neraka, maka kalau ia bertobat dengan tawbat[an] nashûhâ (تَوْبَةً نَصُوْحًا), Allah akan menerima tobatnya dan mengampuninya, dan bisa saja ia mendapat husnu al-khâtimah (حُسْنُ الْخَاتِمَةِ) dan nanti akan masuk surga.
Hadis ini sekaligus merupakan peringatan agar kita tidak tertipu dengan perbuatan-perbuatan baik yang telah kita lakukan. Namun, hendaknya setiap kita berharap perbuatan baik itu diterima oleh Allah, sekaligus khawatir akan akhir perbuatan kita. Hendaknya setiap kita khawatir perbuatan yang sedang dilakukan akan menjadi akhir perbuatannya. Sebab, ajal telah ditetapkan oleh Allah, namun tiada seorang pun yang mengetahui kapan datangnya jadi bisa datang kapan saja. Karena itu, jangan sampai kita lengah hingga melakukan kemaksiatan, perbuatan buruk, perbuatan ahli neraka, apalagi sampai kafir dan syirik, lalu itu menjadi akhir perbuatan dan kita mendapatkan sû’ al-khâtimah. Wa al-‘iyâdz biLlâh (سُوْءُ الْخَاتِمَةِ , وَالْعِيَاذُ بِاللّٰهِ).
Karena itu pula, hendaknya setiap kita terus-menerus menjaga perbuatan agar merupakan ketaatan, perbuatan baik, perbuatan ahli surga, hingga jika itu menjadi akhir perbuatan di dunia, kita mendapatkan husnu al-khâtimah, dan di Hari Akhir akan masuk surga.
Sebagai hamba yang lemah, sepantasnya kita mengulang-ulang doa sebagaimana yang diulang-ulang oleh Nabi saw.:
 )اَللّٰهُمَّ يٰا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبِّتْ قُلُوْبَنَا عَلٰي دِيْنِكَ , وَيٰا مُصَرِّفَ الْقُلُوْبِ صَرِّفْ قُلُوْبَنَا اِلٰي طَاعَتِكَ (
Allâhumma yâ muqalliba al-qulûb tsabbit qulûbanâ ‘alâ dînika wa yâ musharrifa al-qulûb sharrif qulûbanâ ilâ thâ’atika (Ya Allah, duhai Zat Yang membolak-balik hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu; duhai Zat Yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami menuju ketaatan kepada-Mu). [Al-Wa'ie/Hadits Pilihan/No.116/April 2010/Yahya Abdurrahman]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar